Langsung ke konten utama

Bakso Kuah Aneka Rasa

Di Indonesia bakso dapat dikatakan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat, terlebih di saat musim penghujan datang dimana masyarakat umumnya mencari makanan hangat. Rasa bakso yang gurih hingga variannya yang beragam menjadikan bakso saat ini mudah dikreasikan menjadi olahan yang beda dari biasanya. Berikut beberapa resep mudah bakso dengan kuah yang variatif bisa Kamu coba dirumah..

Bakso Kuah Tom Yam
Bahan
15 buah Bakso ikan
100 gr udang, kupas belah punggungnya dan sisakan ekornya.

Bahan Kuah Tomyam
2 sdm minyak goreng
½ sdm ebi
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah keriting
1000 ml air
1 batang serai ambil bagian putihnya, iris miring
4 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas
10 buah cabai rawit merah utuh
1 sdm kecap ikan
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdm air asam jawa
2 sdm air jeruk nipis


Cara membuat 
  • Kuah tom yam : Tumis ebi, bawang putih dan cabai merah keriting hingga harum, angkat.Kemudian haluskan dan sisihkan.  Rebus udang hingga matang, angkat dan tiriskan. Didihkan kembali kaldu udang tadi atas api kecil, kemudian tambahkan dengan bumbu halus, serai, daun jeruk dan lengkuas, rebus hingga mendidih. Sisihkan.
  • Panaskan kuah tom yam, masukkan bakso ikan, udang cabai rawit merah, kecap ikan, garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih kembali. Masukkan air asam jawa dan air jeruk nipis, aduk rata.
  • Sajikan hangat.



Bakso Kuah Cuko
Bahan :
10 buah bakso ikan
200 gr mie kuning, rebus dan tiriskan.
250 ml minyak goreng
1 buah timun

Bahan Kuah Cuko :
200 gr gula merah
1 sdm asam jawa, larutkan dengan sedikit air
2 sdm cuka putih
500 ml air
1 sdt garam

Bumbu Yang Dihaluskan :
4 siung bawang putih
2 sdm ebi
Cabe rawit (sesuai selera)

Cara Membuat 
  • Rebus bakso hingga matang, angkat kemudian sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng, masukkan mie kuning yang telah di rebus kemudian goreng hingga kering.
  • Kuah cuko : Didihkan air dan gula merah, tambahkan air asam jawa dan cuka. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan garam. Aduk rata hingga mendidih kembali, kemudian angkat.
  •  Letakkan di piring, mie kuning, bakso ikan dan potongan timun. siram dengan kuah cuko.




Bakso Kuah Soto Betawi
Bahan :
15 buah bakso sapi
2 buah kentang potong dadu dan goreng
Bahan Kuah Soto Betawi :
100 ml santan kelapa kental
200 ml santan kelapa cair
1 batang daun bawang, iris tipis
1 buah tomat
1 sdt garam
½ sdt gula
Bawang goreng secukupnya
Emping secukupnya, goreng
Jeruk nipis secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan :
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 buah kemiri
½ sdt jinten
1 sdm ketumbar
1 ruas jahe
Lada secukupnya

Cara Membuat :
  •  Tumis bumbu yang dihaluskan  hingga harum, masukkan santan cair sambil di aduk hingga mendidih . Kemudian masukkan bakso.
  • Tambahkan daun bawang, garam dan gula. Masukkan santan kental sambil terus di aduk secara perlahan.
  • Terakhir masukkan kentang dan potongan tomat, angkat. Tuang ke dalam mangkok, sajikan hangat dengan tambahan pelengkap taburan bawang goreng, emping dan jeruk nipis.


Bakso Bakar Dengan Kuah

Bahan Bakso Bakar :
10 buah bakso sapi
5 sdm saus tomat
3 sdm kecap manis
1 sdt merica bubuk
10 buah tusuk gigi

Bahan Kuah :
3 siung bawang putih, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan
2 sdm minyak goreng
500 ml air
2 buah kaldu blok
3 cm jahe, keprek
2 buah pekak
3 butir kapulaga
½ buah tomat
1 batang daun bawang, potong serong
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Cara Membuat 
  • Bakso bakar : Campur saus tomat, kecap manis dan merica bubuk lalu aduk hingga rata. Oleskan ke bakso sapi hingga permukaannya tertutup saus. Kemudian tusuk bakso satu per satu menggunakan tusuk gigi. Panggang di atas kompor dengan menggunakan grill pan atau dapat juga menggunakan wajan datar.
  • Kuah bakso : Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan air, kaldu blok, jahe, pekak dan kapulaga. Masak hingga mendidih. Masukkan daun bawang, tomat, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata, angkat.
  • Sajikan bakso bakar dengan kuah.



Bakso Kuah Sup Marinara
Bahan :
10 buah Bakso sapi
100 gr mie kuning, rebus hingga matang dan tiriskan
100 gr mie bihun, siram dengan air panas dan tiriskan

Bahan Kuah Sup Marinara :
250 ml air
1 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk
1 ruas jahe, memarkan
2 sdm air jeruk nipis
2 sdm saus ikan
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk

Bumbu Yang Dihaluskan :
4 buah cabai merah
3 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt terasi goreng

Cara Membuat :
  • Kuah sup marinara : Tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama serai, daun jeruk dan jahe hingga harum. Didihkan air bersama dengan bumbu yang telah di tumis, setelah mendidih masukkan bakso dan masak hingga mengapung dan matang. Tambahkan air jeruk nipis dan saus ikan, aduk hingga rata dan angkat.
  • Siapkan mangkok, tambahkan mie kuning dan mie bihun kemudian tuangkan bakso dengan kuah sup marinara. Sajikan hangat.


Resep : Devi S. Lestari
Penguji resep : Devi S. Lestari
Food Stylist : Devi S. Lestari
Picture take by Yoga Agusta

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[MyFood] Pulau Dua Resto Jakarta

April, 28, 2014 Ada satu lagi yang unik di tengah Jakarta. Ada pulau di tengah danau alami dan pulau ini berupa satu restoran luas dengan konsep luar biasa. Danau alami??? yupp sebuah danau yang memang terbentuk secara alami karena terdapat mata air yang mengeluarkan limpahan air tawar yang kemudian terbendung sehingga nampaklah sebuah danau. hehehe penjelasannya agak maksa ya, tapi ini sungguhan loh.. Ditengah danau inilah berdiri sebuah resto legendaris yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1991 dan masih tetap eksis hingga saat ini. Pulau Dua Resto , begitulah namanya. Resto ini terletak di Jl. Gatot Subroto, Kompleks Taman Ria Senayan Jakarta Pusat, persis ada di sebelah gedung DPR MPR.  Sebuah papan nama berbahan dasar rangkaian besi serta berukuran cukup besar, berdiri kokoh tepat di sisi jalan raya dan pintu masuk resto ini. Didominasi dengan warna putih dan biru serta berisikan tulisan "Restoran Pulau Dua" lengkap dengan logo resto berupa dua ekor ikan ini

Dinda Kirana, Onigiri Teman Makan Saat Syuting

Monday, 30 December 2013 Gadis cantik berdarah sunda ini memiliki nama lengkap Dinda Kirana Sukmawati atau biasa dikenal dengan sebutan Dinda Kirana. Di usia yang baru menginjak angka 18 tahun pada April lalu, Ia telah membintangi banyak judul sinetron maupun FTV. Wajah cantiknya sudah sering menghiasi layar kaca sejak Ia masih duduk di bangku kelas 4 SD. Namanya semakin dikenal masyarakat setelah Ia membintangi sinetron berjudul Kepompong. Sinetron yang tayang di SCTV sekitar tahun 2008 silam ini memberikan peran kepada Dinda sebagai sosok Bebi bersama lawan mainnya Derby Romero dan Mikha Tambayong. Saat ini Ia mengaku sedang disibukkan dengan kegiatan syuting stripping untuk sinetron barunya Diam-Diam Suka yang akan tayang 6 Januari 2014 di SCTV. Disinggung tentang kuliner favoritnya, putri kedua dari tiga bersaudara ini mengatakan Ia penggemar berat sushi dan makanan Jepang. “Aku suka semua makanan tapi kalau ditanya favoritnya ya aku suka banget sama makanan Jepang”.

Adrian Maulana, Artis dan Presenter

Tidak Kapok Antri Demi Mendapatkan Makanan Yang Enak dan Berkualitas Adrian Maulana, pria berdarah Minangkabau yang akrab di sapa Adrian ini kini tengah disibukkan dengan kegiatan barunya sebagai pembawa berita di stasiun televisi swasta Net TV. Karirnya di dunia entertainment Ia mulai dari menjadi seorang model dan namanya mulai dikenal saat Ia mengikuti pemilihan Abang None Jakarta pada tahun 1992.  Setelah menjadi finalis Abang None, banyak tawaran mengalir untuk bermain sinetron. Sejak sukses memerankan tokoh dalam sinetron pertamanya yang berjudul Doaku Harapanku 2 , Ia semakin kebanjiran job untuk bermain sinetron. Sejak saat itulah wajahnya kerap menghiasi layar kaca televisi Indonesia. Sederet judul sinetron telah Ia bintangi, diantaranya Air Mata Ibu ,   Tersayang ,   Buah Hati Mama ,   Kampus Cinta ,   Perempuan Pembawa Berkah, Ande Ande Lumut   dan   Menanti Surga . Ayah dari Sharla Martiza Maulanaputri ini juga pernah beradu akting dengan Tamara Bleszynski dalam