Langsung ke konten utama

[MyFood] Workshop Food Photography by Canon

Hari itu Kamis 27 Februari 2014.
Mendadak banget dapat info disuruh datang ke acara Workshop Food Photography sama dua teman kantor, Mba Yuni dan Bang Ben..
Acara yang digelar oleh brand Canon ini menyajikan materi dan pembahasan mengenai Food Stylist dan Food Photography yang di bawakan oleh Dennie Ramon, seorang food stylist sekaligus food photographer di salah satu media cetak ternama. Undangan workshop ini sebenarnya ditujukan untuk dua grup komunitas yaitu member Backpacker Dunia dan member Yuk Makan.com.
Acara digelar di Art Hotel Sarinah jam 14.00. Baru berangkat dari kawasan Fatmawati jam 13.30, pasti telat banget sampe lokasi. Udah gitu dari kami bertiga cuma satu orang aja yang punya tanda registrasi, hmmm contact personnya juga gak bisa dihubungi. Akhirnya bermodal nekat kita berangkat, boleh masuk ya syukur, ga boleh masuk juga yahhh harus tetep masuk. hehe maksa.
Sampai lokasi kita disambut dengan acara yang sudah setengah perjalanan dan materi yang di bahas Mas Dennie Ramon pun sudah hampir selesai. Hadehh


Foto dokumentasi yukmakan.com
Foto dokumentasi yukmakan.com
Dannn bener aja... Baru sebentar di tinggal ke toilet, itu para undangan udah lagi baris untuk anti coffee break. Yaudah kita juga ikut antri mengikuti alur yang ada, hehe kebetulan memang lapar juga sih setelah macet-macetan.
Foto dokumentasi yukmakan.com
Oke lanjut lagi ke rangkaian acara berikutnya. Seluruh tamu di bagi menjadi beberapa grup yang ditentukan oleh panitia. Satu grup terdiri dari 5-6 orang yang dibagi sesuai urutan nama di daftar hadir, setiap grup diberi kesempatan selama 10 menit untuk bergantian memotret makanan yang sudah di set pada 4 meja. Untuk yang bawa kamera monggo dipersilahkan jepret sepuasnya, yang gak bawa kamera disini juga disediakan beberapa kamera yang bebas dipakai sepuasnya kok. hehe termasuk saya ini, yang hanya modal bawa diri..
Ada aturan di acara jepret-jepret ini, gak boleh pakai flash. jadi apa pun kameranya ya harus maksimalkan lighting yang sudah di set oleh mas Dennie. Dapat ilmu lagi deh. :)
Foto dokumentasi yukmakan.com
Saya yang masih sangat amatir ini memilih kamera keluaran terbaru Canon IXUS 155. Dan baru-baru ini saya mendapatkan informasi mengenai spesifikasi kamera ini. Canon IXUS 155, merupakan kamera beresolusi 20  MP dengan prosesor DIGIC 4+ serta sensor CCD yang dapat memaksimalkan kecepatan pemrosesan foto pada ISO tinggi.
Kamera ini dilengkapi pula dengan fitur Intelligent IS yang canggih dan teknologi autofocus yang cepat. Kekuatan zoom optik yang dimiliki Canon IXUS 155 mencapai 10x (setara 24-240mm), dan berkat fitur ZoomPlus yang diusung kamera ini, pembesaran kamera dapat ditingkatkan hingga 20x. wow!!!
Berikut barisan foto hasil jepretan saya. Masih harus banyak belajar...
Spot 1
Buah-buahan segar yang disandingkan dengan segelas orange juice.
Lighting berasal dari lampu yang diletakkan di depan (depan saya saat mengambil foto), menurut mas Dennie ini dimaksudkan agar mendapatkan efek seperti cahaya yang masuk dari jendela. Foto pertama, saya salah posisi untuk mengambil gambar, jadi maaf ya hasilnya kelihatan aneh.




Spot 2
Spot berisi muffin dengan topping kacang mede, croissant dan coffee ini jadi spot favorit saya. hehe asal jepret aja hasilnya menurut saya lumayan oke. hehe ini penilaian saya ya..
Lighting dari lampu seperti yang digunakan pada spot 1, tapi ini ditambah dengan kertas alumunium yang digunakan sebagai tambahan untuk memantulkan cahaya jadi cahaya yang didapat seperti datang dari arah depan dan belakang.






Spot 3
(Di spot ini saya cuma ambil sedikit, dan agak nyesel juga kenapa gak jepret banyak) :(
Di spot ini saya gak dapet feel dan angel yang bagus, jadinya cuma take beberapa foto aja dan itupun gak ada yang maksimal. hemmm saya kurang sabar kayaknya. Dan baru sadar kalau patahan sumpitnya itu gak bagus. WEW...

Spot 4
Spot 4 ini berisi sushi roll. Disediakan lighting  yang sama dengan spot lainnya, tapi disini dibantu oleh pantulan cahaya yang dihasilkan dari cermin yang disediakan di depan sushi rollnya. Karena saya gak merasa dapat fungsi dari si cermin itu, jadinya ya saya gunakan sebagai objek juga deh. Ini juga dapat inspirasi dari si om yang ngasih saran ke saya, hasilnya jadi lumayan. hehe




Di akhir acara, kami foto bersama..
Yupp ini kumpulan member Backpacker Dunia dan Yukmakan.com..
Foto dokumentasi yukmakan.com

Thanks Canon, nice event..
Oia selesai acara, kami mendapatkan goodie bag yang isinya tas kamera. wahhh Alhamdulilah yah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[MyFood] Pulau Dua Resto Jakarta

April, 28, 2014 Ada satu lagi yang unik di tengah Jakarta. Ada pulau di tengah danau alami dan pulau ini berupa satu restoran luas dengan konsep luar biasa. Danau alami??? yupp sebuah danau yang memang terbentuk secara alami karena terdapat mata air yang mengeluarkan limpahan air tawar yang kemudian terbendung sehingga nampaklah sebuah danau. hehehe penjelasannya agak maksa ya, tapi ini sungguhan loh.. Ditengah danau inilah berdiri sebuah resto legendaris yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1991 dan masih tetap eksis hingga saat ini. Pulau Dua Resto , begitulah namanya. Resto ini terletak di Jl. Gatot Subroto, Kompleks Taman Ria Senayan Jakarta Pusat, persis ada di sebelah gedung DPR MPR.  Sebuah papan nama berbahan dasar rangkaian besi serta berukuran cukup besar, berdiri kokoh tepat di sisi jalan raya dan pintu masuk resto ini. Didominasi dengan warna putih dan biru serta berisikan tulisan "Restoran Pulau Dua" lengkap dengan logo resto berupa dua ekor ikan ini

Dinda Kirana, Onigiri Teman Makan Saat Syuting

Monday, 30 December 2013 Gadis cantik berdarah sunda ini memiliki nama lengkap Dinda Kirana Sukmawati atau biasa dikenal dengan sebutan Dinda Kirana. Di usia yang baru menginjak angka 18 tahun pada April lalu, Ia telah membintangi banyak judul sinetron maupun FTV. Wajah cantiknya sudah sering menghiasi layar kaca sejak Ia masih duduk di bangku kelas 4 SD. Namanya semakin dikenal masyarakat setelah Ia membintangi sinetron berjudul Kepompong. Sinetron yang tayang di SCTV sekitar tahun 2008 silam ini memberikan peran kepada Dinda sebagai sosok Bebi bersama lawan mainnya Derby Romero dan Mikha Tambayong. Saat ini Ia mengaku sedang disibukkan dengan kegiatan syuting stripping untuk sinetron barunya Diam-Diam Suka yang akan tayang 6 Januari 2014 di SCTV. Disinggung tentang kuliner favoritnya, putri kedua dari tiga bersaudara ini mengatakan Ia penggemar berat sushi dan makanan Jepang. “Aku suka semua makanan tapi kalau ditanya favoritnya ya aku suka banget sama makanan Jepang”.

Bakso Kuah Aneka Rasa

Di Indonesia bakso dapat dikatakan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat, terlebih di saat musim penghujan datang dimana masyarakat umumnya mencari makanan hangat. Rasa bakso yang gurih hingga variannya yang beragam menjadikan bakso saat ini mudah dikreasikan menjadi olahan yang beda dari biasanya. Berikut beberapa resep mudah bakso dengan kuah yang variatif bisa Kamu coba dirumah.. Bakso Kuah Tom Yam Bahan 15 buah Bakso ikan 100 gr udang, kupas belah punggungnya dan sisakan ekornya. Bahan Kuah Tomyam 2 sdm minyak goreng ½ sdm ebi 3 siung bawang putih 2 buah cabai merah keriting 1000 ml air 1 batang serai ambil bagian putihnya, iris miring 4 lembar daun jeruk 1 ruas lengkuas 10 buah cabai rawit merah utuh 1 sdm kecap ikan 1 sdt garam ½ sdt merica bubuk 1 sdt gula pasir 2 sdm air asam jawa 2 sdm air jeruk nipis Cara membuat  Kuah tom yam : Tumis ebi, bawang putih dan cabai merah keriting hingga harum, angkat.Kemudian hal