Langsung ke konten utama

[MyFood] Rica Rica Karang Tengah (Masakan Manado)

Ingin menikmati sajian Manado yang memiliki cita rasa authentic manado namun halal? Tidak usah khawatir karena di kawasan Jakarta Selatan tepatnya di wilayah Karang Tengah terdapat satu resto Manado yang menyajikan masakan Manado halal.
Rica Rica beralamat lengkap di Jalan karang tengah raya no 7 lebak bulus Jakarta Selatan. Resto yang mulai beroperasi pada tahun 2001 ini awalnya bernama Dabu Dabu, namun kemudian berganti nama menjadi Rica Rica pada tahun 2008 dengan alasan terlalu banyak resto yang menggunakan nama Dabu Dabu. Tidak sulit untuk menemukan resto yang satu ini karena posisinya persis ada di pinggir jalan raya. Menempati luas lahan sekitar 600 meter membuat resto ini terlihat luas. Dari depan, resto ini terlihat asri karena banyak tumbuhan yang sengaja ditanam untuk menghasilkan kesan teduh. halaman yang cukup luas mampu menampung sekitar 4 hingga 5 kendaraan roda empat dan beberapa kendaraan roda dua. 

Resto ini terbagi menjadi 2 ruangan, ruangan indoor untuk pengunjung yang lebih menyukai suasana tertutup. Serta ruang outdoor untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan sekaligus menikmati udara segar. Kedua ruangan ini terletak bersebelahan dengan dinding pemisah yang terbuat dari susunan papan kayu.
Bangunan resto yang mampu menampung kurang lebih 50 pengunjung ini didominasi dengan bahan kayu. susunan papan kayu yang berjajar mengelilingi sisi restoran ini membuat atmosfer Rica Rica karang tengah terasa hangat. Tidak hanya pada bangunannya, furniture berupa kursi dan meja juga dipilih yang berbahan dasar kayu. Dengan warna senada antara dinding dan furniture membuat resto ini semakin terlihat matching. 
Pada beberapa sisi dinding juga diberikan aksesoris pemanis berupa peralatan masak seperti centong dan ladle kayu tradisional. Tidak ada habisnya jika terus membahas interior bangunan yang sangat menonjolkan kesan tradisional, simpel dan rapi ini.
Jika bangunannya saja sudah mewakili tradisional, bagaimana dengan menunya? Yupp, sesuai dengan namanya, resto ini mengangkat beragam menu masakan khas Manado. Mulai dari tude bakar, bobara woku, tumis bunga paya hingga perkedel jagung dan es kacang merah tersedia di sini.

Tude bakar yaitu ikan tude segar yang telah diberi bumbu hingga hilang bau amisnya lalu dibakar di atas bara hingga matang, tude bakar ini disajikan dengan sambal dabu dabu yang terdiri dari potongan tomat cabai dan bawang. Tidak lupa ditambah dengan pelengkap berupa lemon cui sebagai penambah segarnya sajian ini. Tude bakar ini dihargai dengan IDR 12K, murahnyaaaa!!!


Selain itu ada menu berbahan dasar ikan lainnya yakni bobara woku. Menu yang dibanderol seharga IDR 14K per ons nya ini disajikan dengan sambal woku khas restoran Rica Rica. Bumbu dan rempah yang pekat serta berlimpah menjadikan hidangan ini sangat terasa nikmat jika disandingan dengan nasi putih hangat.



Selain kedua menu ikan di atas, yang menjadi favorit lainnya di Rica Rica adalah tumis bunga paya dan perkedel jagung. Menurut sang owner bapak Sigit, banyak pelanggan yang mencari tumis bunga paya dan perkedel jagung di resto ini. Karena menurut para pelanggan bunga paya sudah sangat jarang disajikan di restoran tradisional Manado. Sedangkan perkedel jagung di resto ini juga menjadi primadona, karena rasa dan tampilannya yang sangat menarik. Kedua menu tersebut bisa anda nikmati dengan harga IDR 29.5K untuk bunga paya cakalang dan IDR 17.5K untuk seporsi perkedel jagung.



Selain menu diatas, disini juga disediakan menu lainnya seperti rica rodo, brenebound cakalang, tinutuan atau bubur manado, mie cakalang, cakalang rica dan ayam siram dabu. Sederet menu tersebut ada di kisaran harga mulai dari IDR 17.5K hingga IDR 22.5K per porsi.

Puas menikmati sajian makanan ala manado, saatnya mencoba minuman berupa es kacang merah. Sajian yang dibuat dengan campuran kacang merah, kayu manis, vanili, cokelat, susu kental manis dan es serut ini mampu menghasilkan rasa segar di tenggorokan. Satu porsi es kacang merah ini dibanderol dengan harga IDR 17.5K












Untuk minuman terdapat beragam minuman yang disajikan antara lain es kelapa gula merah, es lemon ratahan, es kacang merah duren serta beragam jus buah segar. harga minuman ini ada di kisaran IDR 9.5K hingga IDR 25.5K.
Selain menu makanan dan minuman, di sini juga menyediakan aneka kue khas manado seperti panada, apang bakar, balapis, klapertart, lalampa dan lain sebagainya. menu kue ini diberi harga mulai dari IDR 3.5K hingga IDR 12.5K.


More Information
Rica Rica Karang Tengah
Jl. Karang Tengah Raya No. 7 Lebak Bulus Jakarta
telp (021) 92322685

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[MyFood] Pulau Dua Resto Jakarta

April, 28, 2014 Ada satu lagi yang unik di tengah Jakarta. Ada pulau di tengah danau alami dan pulau ini berupa satu restoran luas dengan konsep luar biasa. Danau alami??? yupp sebuah danau yang memang terbentuk secara alami karena terdapat mata air yang mengeluarkan limpahan air tawar yang kemudian terbendung sehingga nampaklah sebuah danau. hehehe penjelasannya agak maksa ya, tapi ini sungguhan loh.. Ditengah danau inilah berdiri sebuah resto legendaris yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1991 dan masih tetap eksis hingga saat ini. Pulau Dua Resto , begitulah namanya. Resto ini terletak di Jl. Gatot Subroto, Kompleks Taman Ria Senayan Jakarta Pusat, persis ada di sebelah gedung DPR MPR.  Sebuah papan nama berbahan dasar rangkaian besi serta berukuran cukup besar, berdiri kokoh tepat di sisi jalan raya dan pintu masuk resto ini. Didominasi dengan warna putih dan biru serta berisikan tulisan "Restoran Pulau Dua" lengkap dengan logo resto berupa dua ekor ikan ini

Dinda Kirana, Onigiri Teman Makan Saat Syuting

Monday, 30 December 2013 Gadis cantik berdarah sunda ini memiliki nama lengkap Dinda Kirana Sukmawati atau biasa dikenal dengan sebutan Dinda Kirana. Di usia yang baru menginjak angka 18 tahun pada April lalu, Ia telah membintangi banyak judul sinetron maupun FTV. Wajah cantiknya sudah sering menghiasi layar kaca sejak Ia masih duduk di bangku kelas 4 SD. Namanya semakin dikenal masyarakat setelah Ia membintangi sinetron berjudul Kepompong. Sinetron yang tayang di SCTV sekitar tahun 2008 silam ini memberikan peran kepada Dinda sebagai sosok Bebi bersama lawan mainnya Derby Romero dan Mikha Tambayong. Saat ini Ia mengaku sedang disibukkan dengan kegiatan syuting stripping untuk sinetron barunya Diam-Diam Suka yang akan tayang 6 Januari 2014 di SCTV. Disinggung tentang kuliner favoritnya, putri kedua dari tiga bersaudara ini mengatakan Ia penggemar berat sushi dan makanan Jepang. “Aku suka semua makanan tapi kalau ditanya favoritnya ya aku suka banget sama makanan Jepang”.

Adrian Maulana, Artis dan Presenter

Tidak Kapok Antri Demi Mendapatkan Makanan Yang Enak dan Berkualitas Adrian Maulana, pria berdarah Minangkabau yang akrab di sapa Adrian ini kini tengah disibukkan dengan kegiatan barunya sebagai pembawa berita di stasiun televisi swasta Net TV. Karirnya di dunia entertainment Ia mulai dari menjadi seorang model dan namanya mulai dikenal saat Ia mengikuti pemilihan Abang None Jakarta pada tahun 1992.  Setelah menjadi finalis Abang None, banyak tawaran mengalir untuk bermain sinetron. Sejak sukses memerankan tokoh dalam sinetron pertamanya yang berjudul Doaku Harapanku 2 , Ia semakin kebanjiran job untuk bermain sinetron. Sejak saat itulah wajahnya kerap menghiasi layar kaca televisi Indonesia. Sederet judul sinetron telah Ia bintangi, diantaranya Air Mata Ibu ,   Tersayang ,   Buah Hati Mama ,   Kampus Cinta ,   Perempuan Pembawa Berkah, Ande Ande Lumut   dan   Menanti Surga . Ayah dari Sharla Martiza Maulanaputri ini juga pernah beradu akting dengan Tamara Bleszynski dalam